Menangkal Rasa Gelisah

Gelisah karena banyak masalah? gelisah karena cinta tak berbalas? gelisah karena tak bisa tampil oke and keren seperti teman-temanmu yang orang tuanya tajir/kaya? gelisah karena tampang cuma pas-pasan? gelisah karena uang saku dari ortu kurang, padahal semua kebutuhan sudah naik? dan kegelisahan-kegelisahan lain yang mungkin saja bisa menyergap dan menyentuh hatimu.. iya kan? coba deh ikuti tips-tips ini, semoga ngga gelisah lagi ya?

I. LURUSKAN IMAN

Saat kamu gelisah coba renungkan kembali keadaan jiwamu. Kamu akan menemukan bahwa ada hal yang kurang dalam keimananmu pada ALLAH. Memang apa hubungannya antara Iman dan gelisah? Baik, silahkan buka QS. An-Nahl : 97 yang artinya :

"Barang siapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Seorang yang beriman tak kan lepas dari yang namanya cobaan/ujian, tapi ujian tersebut dihadapi dengan kelapangan dada, kok bisa? Ya, karena orang yang beriman mengetahui arti dan makna kesabaran. Jika mereka menerima ujian dari ALLAH, mereka yakin bahwa ALLAH pasti memberi pahala yang lebih baik dari yang mereka kerjakan, iya kan? Sabar itu bukan berarti cuma bilang, sabar...sabar (sambil ngurut dada, tapi dalam hatinya menggerutu lho >> kayanya itu sih ungkapan keputusasaan, tak punya pengharapan dan pahala dari ALLAH SWT).

Lihat juga sabda Nabi Muhammad SAW :

"Sungguh mempesona urusan orang yang beriman. Semua urusannya baik, dan hal itu tidak dimiliki oleh siapapun selain orang beriman. Jika mendapat kesenangan ia bersyukur, maka hal itu menjadi baik baginya. Dan jika dilanda kesusahan ia bersabar, maka hal itu menjadi baik baginya." (HR Muslim).

Jika kamu masih gelisah, teruslah perbaiki hubunganmu dengan ALLAH. Perkuat lagi keimanan dengan terus mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an dan sabda Nabi SAW.


II. BERBUAT BAIK SAJA

Huuuh, aku memberinya susu tapi ia malah membalasnya dengan air tuba... pastinya hatimu sakit and cekot-cekot, kecewa, dongkol, geram, dan sejenisnya (campur aduk dah..) karena kebaikan kita dibalas dengan keburukan/kejahatan, iya kan?

Supaya hatimu ngga gelisah, makanya tekadkan dalam hati sejak awal untuk berbuat baik kepada siapa pun, kapan pun, dimana pun tanpa mengenal pamrih. Dan jangan menunggu ucapan terima kasih dari orang yang telah kita bantu atau siapa pun juga.

Dan ternyata Al-Qur'an punya solusinya lho.. lihat Surat Al-Ihsan : 9 yang artinya :

"Sesungguhnya kami memberi makan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan ALLAH, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih".

Jadi, tak penting orang lain mau membalas kebaikanmu atau tidak. Yang penting berbuat baik saja tanpa henti, dan hanya mengharap ridha ALLAH SWT. Percayalah kawan, hatimu tidak akan gelisah lagi...

Jazakumullah khairan katsir..

Semoga bermanfaat
sumber : ikhwah gaul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar