Mengetik Huruf/Fonts Arab/Hijaiyah di Nokia Symbian (S60 3rd)

Alhamdulillah yang telah memberi petunjuk dan kemudahan, setelah berhari – hari mencari tutorial menulis huruf Arab di Nokia E63 dan malangnya nggak ketemu, akhirnya ‘tanpa sengaja’ menemukan caranya sendiri. Ternyata ini hanya soal fontan default E63 yang tidak mendukung karakter huruf Arab bukan sebab firmware secara keseluruhan. Jadi untuk menayangkan dan mengetik font/huruf Arab di Nokia E63 tidak perlu mengganti firmware atau meminta dipasangkan file bahasa Arab ke layanan Nokia. Yang kita lakukan hanya menginstalasi Psiloc Crystal Arabic dan menambahkan font baru yang support karakter huruf Arab. Namun sayangnya aplikasi ini tidak gratis alias berbayar dengan masa coba selama 10 hari.
Mungkin ada yang bertanya, bagaimana mungkin menggunakan Crystal Arabic yang tidak kompatibel untuk E63? Secara teknis Crystal Arabic kompatibel dengan E63 (menurut pengalaman saya :smile: ). Dari awal instalasi sampai pengoperasiannya sama sekali tak ada masalah. Semua fungsi berjalan dengan baik dan normal. Yang jadi masalah hanyalah output-nya, huruf – huruf Arab yang dihasilkan terlihat tipis dan kadang putus – putus bahkan ada yang sulit dibedakan. Mungkin inilah alasan sehingga E63 masuk ke dalam daftar ponsel yang malasuai dengan Crystal Arabic.

Nah, jika sekarang anda telah menginstalasi Psiloc Crystal Arabic di E63 dan mendapati huruf – huruf Arab/Hijaiyah-nya sulit dibaca, maka anda tinggal memasang font add on yang mendukung karakter huruf Arab. Tapi jangan tanya saya font apa support apa karena saya sendiri tidak tahu cara mengenalinya :-P . Untuk memasang fontan baru, kita harus menggunakan FontRouter karena ada fitur penting yang harus kita terapkan disini yaitu mengkombinasikan fontan add on dengan fontan default. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
Pertama
Download FontRouter.LT (unsigned) dan sebelum instalasi pastikan anda men-sign-nya terlebih dulu atau jika ponsel anda sudah di hack tentu tak ada masalah untuk langsung menginstall-nya. Kemudian download dan install pula FontRouterMan. FontRouterMan ini adalah antarmuka grafis dari FontRouter.LT yang memudahkan dalam melakukan pengaturan atau adjustment. Instalasi saja keduanya di kartu memori.
Kedua
Salin/copy font berformat ttf (true type font) yang disukai dari komputer ke ponsel. Letakkan font tersebut di E:\Data\Fonts. Sekarang buka FontRouterMan, klik Options > Open font, tuju ke tempat font .ttf tadi, klik Select. Enable-kan FontRouterMan. Ada beberapa pengaturan/adjustment yang bisa dilakukan sebelum menerapkan font tambahan ini, seperti ukuran, style, spasi, tinggi font dll. Tapi jika tidak ingin merubah pengaturan yang ada boleh ditinggalkan dulu, nanti setelah melihat hasilnya kita bisa atur sesuai keinginan kita. Lagipula ini tidak berpengaruh pada fungsi Crystal Arabic.


Ketiga
Sekarang kita harus menggabungkan font baru dengan font default/bawaan E63. Ini agar E63 masih bisa menampilkan dan mengetik karakter huruf Cina kecuali font yang baru ditambahkan support karakter huruf Cina dan Arab sekaligus. Caranya :
Masih di FontRouterMan, geser ke tab Extra, klik Options > Add, pilih font default (di ponsel saya namanya Sans MT 936 S60). Pada ruas FontTar bisa juga dipilih font default. Disini kita juga bisa membuat beberapa pengaturan lalu klik Save. Tutup FontRouterMan dan Restart ponsel.



Selanjutnya lihat apakah ada perubahan pada huruf – huruf Arab tadi. Jika telah berubah menjadi lebih baik dan masih bisa menulis/menayangkan huruf – huruf Cina maka Nokia E63 anda menjadi selangkah lebih canggih :cool: .

Sedang efeknya pada browser/peramban web tergantung browser tersebut apakah menggunakan font ponsel atau punya font sendiri. Browser bawaan E63 (Web), Opera Mini (selama ukuran font tidak diset ke small) dan UC Browser (UCWEB) adalah browser yang menggunakan font ponsel, maka secara serta merta ketiganya pun jadi melek huruf Cina dan huruf Arab berkat font kombinasi tadi. Hanya saja UC Browser menampilkan huruf Arab secara terbalik, dari kiri ke kanan. Opera Mobile 10 punya font sendiri jadi tidak terpengaruh dengan penggantian font ponsel, sayangnya font yang dibawa adalah tipe Sans yang tidak mendukung karakter huruf Arab. Solusinya, ganti saja font – font tersebut dengan font yang sudah kita ketahui melek huruf Arab. Begitu pula dengan Bolt Browser, peramban inipun menggunakan font sendiri dan buta huruf Arab. Skyfire? ma'af saya tidak tahu karena belum sempat di instal, installer-nya tak sengaja terhapus dari kartu memori :-( .
Satu hal lagi, jika anda menggunakan screensaver bawaan ponsel dan setelah anda mengaktifkan FontRouter, penanda menit pada jam digitalnya cuma menunjukkan angka 0 (nol) doang meskipun misalnya sudah lewat 15 maka lakukan pengaturan ulang pada font digitalnya. Buka FontRouterMan, geser ke tab Extra, delete dulu batangan Series 60 ZDigi yang sudah ada kemudian klik Options | Add, tambahkan lagi Series 60 ZDigi dan pastikan pada ruas FontTar yang kamu pilih adalah Series 60 ZDigi juga. Klik Save dan restart ponsel.
Tambahan, selama utak atik cara ini saya sempat menggunakan Times New Roman, Arial, FreeSerif dan Verdana, font – font tersebut setahu saya support karakter huruf Arab. Kalau tidak salah Tahoma juga demikian. Font yang lain bisa dicoba sendiri untuk mengetahui dukungannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar