Membuat Read More Otomatis (Auto Read More) dengan gambar/thumbnail

Sebenarnya, alternatif untuk membuat "Read More" di blog blogspot/bogger sudah banyak, apalagi secara default blogger sudah menyiapkan fasilitas itu. Akan tetapi, yang akan saya paparkan (cie, yg lagi pemaparan...hohoho) kali ini berbeda dengan yang lain. Membuat Read More Otomatis (Auto Read More) dengan gambar/thumbnail ini termasuk teknik terbaru untuk blogger.

Ada beberapa keunggulan atau kelebihan Read More Otomatis (Auto Read More) ini, yaitu:


Kita tidak usah repot membuat atau memasukkan kode Read More setiap kali memosting karena aplikasi ini akan bekerja otomatis (namanya juga Auto Read More, Iy G?, hehe).
Kita dapat mengatur jumlah karakter tulisan yang dimunculkan
Jika dalam postingan kita terdapat foto atau gambar, secara otomatis gambar tersebut akan berfungsi sebagai thumbnail dengan ukuran yang dapat diatur atau disetting se-suka kita.
Pada akhirnya, ini akan membuat blog kita terlihat cantik dan profesional, hihi

Penasaran ingin melihat contohnya? Silahkan lihat di blog saya yang lain, di sini dan di sini (klik aja sob jika pengen bukti). Jika sobat tertarik Membuat Read More Otomatis (Auto Read More) dengan gambar / thumbnail di blognya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Masuk ke halaman Edit HTML di blog sobat, centang "Expand widget template", kemudian copy dan paste kode berikut di atas kode





2. Kemudian cari kode Jika sudah ditemukan, ganti kode tersebut dengan semua kode dibawah ini



READ MORE -



3. Klik Save dan lihat hasil kerja kerasnya :)

Keterangan:
var thumbnail_mode = "float"; (kita dapat memutuskan apakah letak thumbnail berada di (float) kiri atau jika tidak silahkan ganti dengan (no-float)
summary_noimg = 250; (Menetapkan berapa banyak karakter akan ditampilkan di posting tanpa gambar / thumbnail)
summary_img = 250; (Menetapkan berapa banyak karakter akan ditampilkan di posting dengan gambar / thumbnail)
img_thumb_height = 120; (Thumbnail 'tinggi dalam piksel)
img_thumb_width = 120; (Thumbnail 'lebar dalam piksel)


Perhatikan, biasanya cara ini tidak berfungsi jika sebelumnya kita pernah membuat atau memasang kode read more "klasik". Solusinya, hapus semua kode yang pernah di pasang (kode read more klasik) sebelum memasang kode di atas.
Oya, hampir lupa, READ MORE - dapat sobat ganti dengan apa saja yang dinginkan, bisa diganti Selengkapnya>> atau apalah...
Jika ada masalah, silahkan sobat berkomentar...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar