Ciri dan Karakteristik Aliran Sesat

udul: Ciri dan Karakteristik Aliran Sesat
Pemateri: Dr. Ahmad Zain an-Najah
Sumber: Radio Mu'adz 94,3 FM Kendari


Saat ini di Indonesia banyak berkembang pemikiran dan aliran yang secara sadar atau tidak, sengaja atau tidak, telah menyerang dan merusak Islam dari dalam, yang jika kita tidak berhati-hati akan menyebabkan kita terpengaruh oleh syubhat yang dilontarkan oleh mereka dan akhirnya terjerumus ke dalamnya. Kajian ini menarik untuk dicermati, sebagaimana Hudzaifah bin al-Yaman yang bertanya tentang keburukan agar terhindar dari keburukan tersebut.


Bagian pertama kajian ini, al-Ustadz memberikan penjelasan mengenai kaidah dalam berkelompok dan berorganisasi agar tidak terjatuh dalam kesesatan. Diantaranya tidak ber -wala wal bara atau mendasarkan loyalitas dan kebencian pada kelompok atau golongan atau organisasi, tidak bersikap fanatik terhadap individu atau golongan serta menjadikan kelompok atau golongan sebagai barometer kebenara, karena tidak seorang pun yang bersih dari kesalahan kecuali Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.


Pada bagian kedua, kajian memasuki penerapan kaidah-kaidah yang telah dipaparkan sebelumnya terhadap beberapa aliran sesat yang ada di Indonesia. Kajian ini secara khusus lebih berfokus kepada aliran syi'ah yang berkembang pesat di Indonesia.


Silahkan simak atau download kajian berikut:
Ciri dan Karakteristik Aliran Sesat 1
Ciri dan Karakteristik Aliran Sesat 2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar